dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah. (1) mendeskripsikan unsur-unsur struktural
novel Cintaku Bersemi di Padang Arafah karya Ravianty Doni; (2)
mendeskripsikan hubungan antarunsur novel Cintaku Bersemi di Padang Arafah,
dan (3) mendeskripsikan pembelajaran novel Cintaku Bersemi di Padang Arafah
di SMA kelas XI.
Teori yang digunakan adalah teori struktural Stanton (2007:22-74) yang
menyatakan bahwa struktural cerita terdiri dari unsur tema dan masalah, fakta
cerita mencakup tokoh dan penokohan, alur, latar, dan sarana sastra yang terdiri
dari judul, sudut pandang, gaya bahasa dan nada, ironi, dan hubungan antarunsur.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif.
Objek penelitian ini adalah teks novel Cintaku Bersemi di Padang Arafah. Fokus
penelitian pada struktur sastra yang meliputi tema, fakta cerita, sarana sastra,
hubungan antarunsur dan pembelajarannya di SMA. Instrumen dalam penelitian ini
adalah kertas pencatat dan alat tulisnya. Teknik pengumpulan data digunakan
teknik studi kepustakaan dan observasi. Analisis data dilakukan dengan metode
analisis isi. Penyajian analisis disajikan dengan teknik informal.
Hasil penelitian disimpulkan bahwa novel Cintaku Bersemi di Padang
Arafah karya Ravianty Doni bertemakan perjuangan cinta sejati. Fakta cerita yang
mencakup alur, tokoh dan penokohan, dan latar. Alur menggunakan alur maju
(progresif). Tokoh dan penokohan dibagi berdasarkan tokoh utama yaitu Mim dan
Nun, tokoh tambahan Guru Abu, Alif, Pipin, Nun kecil. Latar menggunakan latar
tempat: Kampus UII Yogyakarta, toko souvenir, kafe Sudut Pasir, Medinah,
Mekah, Jabal Rahmah, Mobil, Pesawat terban. Latar waktu: pagi, siang, malam,
bulan, tahun, dan zaman moderen, dan latar sosial: masyarakat moderen kelas
menengah. Sarana sastra meliputi: judul, sudut pandang, gaya bahasa, dan nada
dan ironi. Judul novel Cintaku Bersemi di Padang Arafah. Sudut pandang
digunakan persona pertama “Aku”. Gaya bahasa menggunakan majas hiperbola.
Nada dan ironi menggunakan ironi dramatis dan nada ironis. Hubungan
antarunsur terjalin begitu erat sehingga membentuk suatu kesatuan cerita yang
padu. Novel Cintaku Bersemi di Padang Arafah relevan sebagai bahan
pembelajaran dan diajarkan di SMA kelas XI karena dalam novel Cintaku
Bersemi di Padang Arafah terdapat memberikan pesan yang baik bagi siswa. |
en_US |