Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) persentase kemampuan tiaptiap
aspek komunikasi matematis; (2) rerata persentase kemampuan komunikasi
matematisa; (3) kategori kemampuan komunikasi matematis pada siswa kelas IV
SD se-Gugus Sultan Agung Kecamatan Kutoarjo Kabupaten Purworejo.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD se-Gugus Sultan
Agung Kecamatan Kutoarjo Kabupaten Purworejo. Sampel penelitian berjumlah
136 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling judgement sample.
Instrumen berbentuk soal essay yang terdiri dari 15 soal.
Dari pengolahan data diperoleh: (1) persentase Kemampuan Komunikasi
Matematis Kompetensi Dasar Melakukan dan Menggunakan Sifat-Sifat Operasi
Hitung Bilangan pada siswa kelas IV SD se-Gugus Sultan Agung Kecamatan
Kutoarjo Kabupaten Purworejo dari nilai tertinggi sebesar 50% sampai nilai
terendah sebesar 3,4%. Persentasi kemampuan tersebut meliputi persentase
kemampuan aspek A sebesar 33,3%, persentase kemampuan aspek B sebesar
45,3%; persentase kemampuan aspek C sebesar 26,3%; presentase kemampuan
aspek D sebesar 25,1%. (2) rerata persentase kemampuan komunikasi matematis
kompetensi dasar melakukan dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung
bilangan pada siswa kelas IV SD se-Gugus Sultan Agung Kecamatan Kutoarjo
Kabupaten Purworejo sebesar 31,4%. (3) kategori kemampuan komunikasi
matematis kompetensi dasar melakukan dan menggunakan sifat-sifat operasi
hitung bilangan pada siswa kelas IV SD se-Gugus Sultan Agung Kecamatan
Kutoarjo Kabupaten Purworejo gagal