Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah prestasi belajar
matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe
Numbered Heads Together (NHT) lebih baik daripada siswa yang menggunakan
model pembelajaran konvensional materi segiempat pada siswa kelas VII SMP
Negeri 40 Purworejo tahun ajaran 2011/2012.
Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 40
Purworejo tahun ajaran 2011/2012, yang terdiri dari 5 kelas. Sampel diambil dengan
teknik cluster random sampling terdiri dari dua kelas yang kelas VII A sebagai kelas
eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Penelitian ini dilaksanakan
selama 6 bulan, yang dimulai pada bulan Februari 2012 sampai dengan bulan Juli
2012. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan metode
tes dan dokumentasi.
Dari pengolahan data diperoleh rerata untuk kelas eksperimen adalah 75,42
dengan simpangan baku 12,470, sedangkan rerata untuk kelas kontrol adalah 68,08
dengan simpangan baku 9,782. Dari hasil pengolahan juga diketahui bahwa data
berdistribusi normal dan juga homogen. Kemudian untuk perhitungan hipotesis
dengan nilai uji t, diperoleh nilai = 2,775 dan ∝; = 1,667 pada
taraf signifikan 0,05. Karena > ∝; atau 2,775 >1,667 maka dapat
ditarik kesimpulan bahwa H diterima dan H ditolak, sehingga dapat disimpulkan
bahwa prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran
kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) lebih baik daripada siswa yang
menggunakan model pembelajaran konvensional materi segiempat pada siswa kelas
VII SMP Negeri 40 Purworejo tahun ajaran 2011/2012.