Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kesalahan-kesalahan
apa saja yang dilakukan siswa-siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan
Gebang Kabupaten Purworejo tahun pelajaran 2012/ 2013 dalam menyelesaikan
soal cerita matematika. Penelitian ini dilaksanakan selama 6 bulan, terhitung
sejak bulan Maret sampai dengan bulan Agustus 2012.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri
di Kecamatan Gebang. Sampel dalam penelitian ini adalah 12 siswa yang
diambil dengan teknik sampling Purposive Sampling dan Snowball Sampling. Pen
dekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Analisis data dilakukan
dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan kesalahan-kesalahan dalam menyelesaikan
soal cerita matematika yaitu (1) kesalahan makna bahasa; (2) kesalahan dalam me
nentukan algoritma penyelesaian; (3) kesalahan dalam konsep operasi hitung matematika;
(4) kesalahan dalam pengerjaan operasi hitung bilangan; dan (5) kesalahan
dalam menarik kesimpulan.