Abstract:
Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui: (1) rerata dan standar deviasi penguasaan
terhadap kompetensi dasar menjumlahkan, mengurangkan, mengalikan,
membagi bilangan pecahan;(2) kategori dan pengelompokan penguasaan terhadap
kompetensi dasar menjumlahkan, mengurangkan, mengalikan, membagi bilangan
pecahan.
Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan februari 2012 sampai dengan
bulan juli 2012. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V semester
II MI di Kecamatan Kepil Kabupaten Wonosobo Tahun Pelajaran 2011/2012
yang terdiri dari 151 siswa, dan sampel dalam penelitian ini adalah 45 siswa. Teknik
sampling yang digunakan adalah purposive sampling.
Data diperoleh dengan metode tes penguasaan kompetensi dasar menjumlahkan,
mengurangkan, mengalikan, membagi bilangan pecahan. Dari hasil pengolahan
data hasil penelitian diperoleh rerata penguasaan sebesar 81,91% dan
standar deviasi sebesar 12,12%. Dari rerata dapat diketahui bahwa penguasaan
siswa termasuk dalam kriteria baik. Pengelompokan penguasaan siswa yaitu dalam
kategori kelompok atas sebanyak 7 siswa, kelompok sedang sebanyak 17 siswa
dan kelompok bawah sebanyak 11 siswa.