Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kesalahan-kesalahan apa saja yang dilakukan siswa-siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Gebang Kabupaten Purworejo tahun pelajaran 2012/ 2013 dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Penelitian ini dilaksanakan selama 6 bulan, terhitung sejak bulan Maret sampai dengan bulan Agustus 2012. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Gebang. Sampel dalam penelitian ini adalah 12 siswa yang diambil dengan teknik sampling Purposive Sampling dan Snowball Sampling. Pen dekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Analisis data dilakukan dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan kesalahan-kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika yaitu (1) kesalahan makna bahasa; (2) kesalahan dalam me nentukan algoritma penyelesaian; (3) kesalahan dalam konsep operasi hitung matematika; (4) kesalahan dalam pengerjaan operasi hitung bilangan; dan (5) kesalahan dalam menarik kesimpulan.

Show simple item record

dc.contributor.author Asriyah, Sri Nur
dc.date.accessioned 2018-02-21T05:56:35Z
dc.date.available 2018-02-21T05:56:35Z
dc.date.issued 2012
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3386
dc.description.abstract Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui: (1) rerata dan standar deviasi penguasaan terhadap kompetensi dasar menjumlahkan, mengurangkan, mengalikan, membagi bilangan pecahan;(2) kategori dan pengelompokan penguasaan terhadap kompetensi dasar menjumlahkan, mengurangkan, mengalikan, membagi bilangan pecahan. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan februari 2012 sampai dengan bulan juli 2012. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V semester II MI di Kecamatan Kepil Kabupaten Wonosobo Tahun Pelajaran 2011/2012 yang terdiri dari 151 siswa, dan sampel dalam penelitian ini adalah 45 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Data diperoleh dengan metode tes penguasaan kompetensi dasar menjumlahkan, mengurangkan, mengalikan, membagi bilangan pecahan. Dari hasil pengolahan data hasil penelitian diperoleh rerata penguasaan sebesar 81,91% dan standar deviasi sebesar 12,12%. Dari rerata dapat diketahui bahwa penguasaan siswa termasuk dalam kriteria baik. Pengelompokan penguasaan siswa yaitu dalam kategori kelompok atas sebanyak 7 siswa, kelompok sedang sebanyak 17 siswa dan kelompok bawah sebanyak 11 siswa. en_US
dc.publisher Matematika/FKIP en_US
dc.subject Penguasaan, Kompetensi Dasar en_US
dc.title Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kesalahan-kesalahan apa saja yang dilakukan siswa-siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Gebang Kabupaten Purworejo tahun pelajaran 2012/ 2013 dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Penelitian ini dilaksanakan selama 6 bulan, terhitung sejak bulan Maret sampai dengan bulan Agustus 2012. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Gebang. Sampel dalam penelitian ini adalah 12 siswa yang diambil dengan teknik sampling Purposive Sampling dan Snowball Sampling. Pen dekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Analisis data dilakukan dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan kesalahan-kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika yaitu (1) kesalahan makna bahasa; (2) kesalahan dalam me nentukan algoritma penyelesaian; (3) kesalahan dalam konsep operasi hitung matematika; (4) kesalahan dalam pengerjaan operasi hitung bilangan; dan (5) kesalahan dalam menarik kesimpulan. en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account