Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) persentase kemampuan tiaptiap
aspek komunikasi matematika; (2) rerata persentase kemampuan tiap-tiap
saspek komunikasi matematika; (3) kategori kemampuan komunikasi matematika
pada siswa kelas IV SD se-Gugus Indrakila Kecamatan Wadaslintang Kabupaten
Wonosobo.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas III SD se-Gugus
Indrakila Kecamatan Wadaslintang Kabupaten Wonosobo berjumlah 105 orang.
Sampel penelitian berjumlah 105 orang. Pengambilan sampel menggunakan
teknik sampling jenuh. Instrument pengambilan data menggunakan soal-soal
komunikasi matematika yang berbentuk essay terdiri dari 8 butir soal.
Dari pengolahan data diperoleh: (1) persentase kemampuan komunikasi
matematika standar kompetensi menggunakan pengukuran panjang, waktu, dan
berat dalam menyelesaikan masalah pada siswa kelas IV SD se-Gugus Indrakila
Kecamatan Wadaslintang Kabupaten Wonosobo dari nilai tertinggi sebesar
58,,82% sampai nilai terendah 14,71%. Persentase kemampuan tersebut meliputi
persentase kemampuan aspek A sebesar 41,66%; persentase kemampuan aspek
B sebesar 41,49%; dan persentase kemampuan aspek C sebesar 25,98%. (2)
rerata persentase kemampuan komunikasi matematika standar kompetensi
memahami dan menggunakan factor dan kelipatan dalam menyelesaikan masalah
pada siswa kelas IV SD se-gugus Indraikla Kecamatan Wadaslintang Kabupaten
Wonosobo sebesar 40,5%. (3) kategori kemampuan komunikasi matematika
standar kompetensi memahami dan menggunakan factor dan kelipatan dalam
menyelesaikan masalah pada siswa kelas IV SD se-gugus Indraikla Kecamatan
Wadaslintang Kabupaten Wonosobo masih tergolong rendah.