dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) persentase kemampuan tiaptiap
aspek komunikasi matematika; (2) rerata persentase kemampuan tiap-tiap
saspek komunikasi matematika; (3) kategori kemampuan komunikasi matematika
pada siswa kelas III SD se-Gugus Abiyasa Kecamatan Kutowinangun Kabupaten
Kebumen.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas III SD se-Gugus
Abiyasa Kecamatan Kutowinangun Kabupaten Kebumen berjumlah 132 orang.
Sampel penelitian berjumlah 132 orang. Pengambilan sampel menggunakan
teknik sampling jenuh. Instrument pengambilan data menggunakan soal-soal
komunikasi matematika yang berbentuk essay terdiri dari 9 butir soal.
Dari pengolahan data diperoleh: (1) persentase kemampuan komunikasi
matematika standar kompetensi menggunakan pengukuran panjang, waktu, dan
berat dalam menyelesaikan masalah pada siswa kelas III SD se-Gugus Abiyasa
Kecamatan Kutowinangun Kabupaten Kebumen dari nilai tertinggi sebesar
68,9% sampai nilai terendah 13,8%. Persentase kemampuan tersebut meliputi
persentase kemampuan aspek A sebesar 37,17%; persentase kemampuan aspek
B sebesar 57,27%; persentase kemampuan aspek C sebesar 46,17%; dan
persentase kemampuan aspek D sebasar 42,12%. (2) rerata persentase
kemampuan komunikasi matematika standar kompetensi menggunakan
pengukuran panjang, waktu, dan berat dalam menyelesaikan masalah pada siswa
kelas III SD se-gugus Abiyasa Kecamatan Kutowinangun Kabupaten Kebumen
sebesar 48,68%. (3) kategori kemampuan komunikasi matematika standar
kompetensi menggunakan pengukuran waktu, panjang, dan berat dalam
pemecahan masalah pada siswa kelas III SD se-gugus Abiyasa kecamatan
Kutowinangun Kabupaten Kebumen masih tergolong rendah. |
en_US |