Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; apakah hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Think-Pair-Share berbasis Open-Ended Problem lebih baik dibanding hasil belajar siswa dengan model pembelajaran konvensional.
Populasi penelitian adalah siswa kelas VII semester 2 SMP Negeri 4 Purworejo tahun 2011/2012 terdiri dari 6 kelas. Dengan teknik cluster random sampling terpilih kelas C sebagai kelas kontrol dan kelas D sebagai kelas eksperimen, yang masing-masing kelas terdiri dari 32 siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan melakukan tes pada kedua sampel setelah diberikan perlakuan. Tes dilakukan menggunakan instrumen yang sama yang telah diuji validitas dan reabilitasnya. Metode pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi dan tes. Berdasarkan uji normalitas dan homogenitas dari data yang dapat, kedua sampel terdisribusi normal dan homogen, sehingga pengujian hipotesis digunakan Uji-t. Taraf kesukaran dalam penelitian ini adalah 5%.
Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh tobs = 1,7676 dan ttabel = 1,6698 (tobs > ttabel) artinya HO ditolak. Hasil ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Think-Pair-Share berbasis Open Ended-Problem lebih baik dibanding hasil belajar siswa dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII semester 2 SMP N 4 Purworejo tahun ajaran 2011/2012.