Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui apakah terdapat
peningkatan prestasi belajar siswa dalam materi pengerjaan hitung yang melibatkan SPtLSV
kelas VII SMP menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams-Games-Tournament
(TGT); (2) untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan keaktifan belajar siswa dalam
materi pengerjaan hitung yang melibatkan SPtLSV kelas VII SMP menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe Teams-Games-Tournament (TGT). Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIIB
SMP PGRI Klirong tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 43 siswa, yang terdiri dari
27 siswa putra dan 16 siswa putri. Teknik pengumpulan data menggunakan 2 metode, yaitu
metode observasi dan metode tes. Setelah data terkumpul, data dianalisis dengan
menggunakan rumus rerata dan persentase. Data awal yang digunakan untuk nilai prestasi
belajar siswa adalah nilai daya serap ujian nasional Tahun 2010/2011 di SMP PGRI
Klirong. Dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa keaktifan belajar siswa
klasikal pada siklus I sebesar 64% dan pada siklus I sebesar 79%. Sedangkan rerata nilai tes
evaluasi belajar siswa pada siklus I mencapai 64,3 dengan persentase ketuntasan belajar
siswa klasikal 65,1% dan pada siklus II mencapai 71,6 dengan persentase ketuntasan belajar
siswa klasikal 72,1%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran
Teams-Games-Tournament (TGT) dapat meningkatkan prestasi dan keaktifan belajar siswa
kelas VIIB SMP PGRI Klirong tahun pelajaran 2011/2012.