Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana signifikansi
pengaruh tingkat pemahaman materi persamaan dan pertidaksamaan linier terhadap
hasil belajar materi program linier. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa
SMK kelas X semester 2 se-Kabupaten Purworejo tahun pelajaran 2011/2012 yang
seluruhnya berjumlah 4334. Sampel diambil sebanyak 99 siswa dengan
menggunakan teknik stratified proportional purposive sampling. Teknik
pengumpulan data adalah dengan metode tes dari instrumen program linier dan
dokumentasi nilai persamaan dan pertidaksamaan. Analisis data menggunakan
analisis statistik non-parametrik, yaitu analisis korelasi Kendal Tau dan rumus
signifikansi z. Hasil analisis deskriptif kuantitatif ditunjukkan dengan perhitungan
analisis korelasi Kendal Tau yaitu 0,008 dan uji signifikansi z dengan
z 0,118 . Maka dikatakan bahwa tidak terdapat pengaruh signifikan tingkat
pemahaman materi persamaan dan pertidaksamaan linier terhadap hasil belajar
materi program linier di SMK Kelompok Teknologi, Kesehatan dan Pertanian kelas
X semester 2 se-Kabupaten Purworejo