Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Pembelajaran Puisi Membaca Tanda-Tanda Karya Taufiq Ismail sebagai Media Pendidikan Karakter pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Purworejo Tahun Ajaran 2011/2012

Show simple item record

dc.contributor.author Sutopo, Eko
dc.date.accessioned 2018-02-21T06:40:24Z
dc.date.available 2018-02-21T06:40:24Z
dc.date.issued 2012
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3408
dc.description.abstract Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) proses pembelajaran puisi Membaca Tanda-Tanda karya Taufiq Ismail pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Purworejo tahun ajaran 2011/2012 dan (2) pengaruh pembelajaran puisi Membaca Tanda-Tanda karya Taufiq Ismail terhadap karakter siswa kelas VII SMP Negeri 1 Purworejo tahun ajaran 2011/2012. Tujuan yang dicapai adalah (1) mendeskripsikan proses pembelajaran puisi Membaca Tanda-Tanda karya Taufiq Ismail pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Purworejo tahun ajaran 2011/2012 dan (2) mendeskripsikan pengaruh pembelajaran puisi Membaca Tanda-Tanda karya Taufiq Ismail terhadap karakter siswa kelas VII SMP Negeri 1 Purworejo tahun ajaran 2011/2012. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Purworejo tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan desain penelitian Pretest and Posttest Group. Teknik pengumpulan data melalui teknik tes dan teknik nontes. Instrumen yang digunakan ada dua macam, yaitu tes dan nontes. Instrumen yang digunakan untuk mengukur pengaruh pembelajaran terhadap karakter siswa adalah angket pretest dan posttest. Angket pretest digunakan untuk mengetahui bagaimana karakter siswa sebelum perlakuan/pembelajaran, sedangkan angket posttest digunakan untuk mengetahui bagaimana karakter siswa sesudah perlakuan/pembelajaran. Data hasil penelitian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Penyajian hasil analisis data menggunakan teknik gabungan antara formal dan informal. Proses pembelajaran Puisi Membaca Tanda-Tanda karya Taufiq Ismail meliputi tahapan perencanaan, tindakan, dan pengamatan. Puisi Membaca Tanda- Tanda karya Taufiq Ismail tepat digunakan sebagai media pendidikan karakter melalui pembelajaran puisi pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Purworejo karena bahasa yang digunakan mudah dipahami serta mengandung nilai-nilai pendidikan karakter yang sesuai dengan tingkat psikologi siswa. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Puisi Membaca Tanda-Tanda karya Taufiq Ismail berpengaruh terhadap penguatan karakter siswa secara positif. Karakterkarakter tersebut, yaitu (1) gemar membaca, (2) rasa ingin tahu, (3) religius, (4) peduli lingkungan, dan (5) tanggung jawab. Berdasarkan hasil analisis, diketahui bahwa karakter yang paling berpengaruh pada siswa dalam pembelajaran puisi Membaca Tanda-Tanda karya Taufiq Ismail adalah karakter peduli lingkungan. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject Pembelajaran Puisi, Membaca Tanda-Tanda, Pendidikan Karakter en_US
dc.title Pembelajaran Puisi Membaca Tanda-Tanda Karya Taufiq Ismail sebagai Media Pendidikan Karakter pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Purworejo Tahun Ajaran 2011/2012 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account