dc.description.abstract |
Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) proses pembelajaran
puisi Membaca Tanda-Tanda karya Taufiq Ismail pada siswa kelas VII SMP
Negeri 1 Purworejo tahun ajaran 2011/2012 dan (2) pengaruh pembelajaran puisi
Membaca Tanda-Tanda karya Taufiq Ismail terhadap karakter siswa kelas VII
SMP Negeri 1 Purworejo tahun ajaran 2011/2012. Tujuan yang dicapai adalah (1)
mendeskripsikan proses pembelajaran puisi Membaca Tanda-Tanda karya Taufiq
Ismail pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Purworejo tahun ajaran 2011/2012 dan
(2) mendeskripsikan pengaruh pembelajaran puisi Membaca Tanda-Tanda karya
Taufiq Ismail terhadap karakter siswa kelas VII SMP Negeri 1 Purworejo tahun
ajaran 2011/2012.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1
Purworejo tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian
eksperimen menggunakan desain penelitian Pretest and Posttest Group. Teknik
pengumpulan data melalui teknik tes dan teknik nontes. Instrumen yang
digunakan ada dua macam, yaitu tes dan nontes. Instrumen yang digunakan untuk
mengukur pengaruh pembelajaran terhadap karakter siswa adalah angket pretest
dan posttest. Angket pretest digunakan untuk mengetahui bagaimana karakter
siswa sebelum perlakuan/pembelajaran, sedangkan angket posttest digunakan
untuk mengetahui bagaimana karakter siswa sesudah perlakuan/pembelajaran.
Data hasil penelitian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Penyajian hasil
analisis data menggunakan teknik gabungan antara formal dan informal.
Proses pembelajaran Puisi Membaca Tanda-Tanda karya Taufiq Ismail
meliputi tahapan perencanaan, tindakan, dan pengamatan. Puisi Membaca Tanda-
Tanda karya Taufiq Ismail tepat digunakan sebagai media pendidikan karakter
melalui pembelajaran puisi pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Purworejo karena
bahasa yang digunakan mudah dipahami serta mengandung nilai-nilai pendidikan
karakter yang sesuai dengan tingkat psikologi siswa. Data hasil penelitian
menunjukkan bahwa pembelajaran Puisi Membaca Tanda-Tanda karya Taufiq
Ismail berpengaruh terhadap penguatan karakter siswa secara positif. Karakterkarakter
tersebut, yaitu (1) gemar membaca, (2) rasa ingin tahu, (3) religius, (4)
peduli lingkungan, dan (5) tanggung jawab. Berdasarkan hasil analisis, diketahui
bahwa karakter yang paling berpengaruh pada siswa dalam pembelajaran puisi
Membaca Tanda-Tanda karya Taufiq Ismail adalah karakter peduli lingkungan. |
en_US |