dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan : (1) peningkatan keterampilan
menulis puisi dengan media gambar karikatur melalui teknik pancingan kata kunci
siswa kelas X-4 SMA Negeri 11 Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012; (2)
mendeskripsi perubahan perilaku siswa setelah mengikuti pembelajaran menulis
puisi dengan menggunakan media gambar karikatur melalui teknik pancingan kata
kunci siswa kelas X-4 SMA Negeri 11 Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012.
Teori yang dijadikan acuan dalam penelitian ini adalah pendapat Wiyanto
(2005:57) menyatakan bahwa menulis puisi sebenarnya mengungkapkan gagsan
dalam bentuk puisi. Gagasan tersebut dilandasi oleh tema tertentu. Oleh karena
itu, sebelum menulis puisi lebih dahulu menentukan temanya, yaitu pokok
persoalan yang akan dikemukakan dalam bentuk puisi. KBBI (2202:54) kata
kunci adalah (1) kata ungkapan yang mewakili konsep yang menandai suatu
zaman atau kelompok; (2) kata atau ungkapan yang mewakili konsep yang telah
disebutkan.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang
dilakukan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Subjek penelitian ini
adalah siswa kelas siswa kelas X-4 SMA Negeri 11 Purworejo Tahun Pelajaran
2011/201. Tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan
refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan tes dan nontes. Alat pengambilan
data nontes yang digunakan berupa observasi, jurnal, wawancara, dan
dokumentasi foto. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif.
Berdasarkan analisis data hasil penelitian keterampilan menulis puisi
dengan menggunakan media gambar karikatur melalui teknik pancingan kata
kunci, siklus I dan siklus II menunjukkan peningkatan nilai rata-rata kelas.
Keterampilan menulis puisi dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 7,35%.
Rata-rata skor pada siklus I mencapai 71, sedangkan rata-rata skor pada siklus II
mencapai 76,63, termasuk dalam kategori baik dan sudah memenuhi target
penilaian yang ditentukan sebesar 70. Perubahan perilaku siswa selama mengikuti
kegiatan pembelajaran pada siklu I, dari 32 siswa ada 19 siswa yang aktif dan 13
siswa tidak aktif. Siswa yang merasa kesulitan 13 dan siswa yang tidak merasa
kesulitan 19, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan dari 32 siswa, yang
aktif 31 siswa dan yang tidak aktif 1 siswa. Siswa yang merasa kesulitan 3 dan
yang tidak mengalami kesulitan 29. Presentasi peningkatan dari aspek keaktifan
sebesar 38,70%. Persentase dari aspek kesuliatan sebesar 76,92%. Hal ini
menunjukkan bahwa perilaku siswa berubah ke arah yang lebih positif. Hasil
tersebut membuktikan bahwa peningkatan keterampilan menulis puisi sangat
dipengaruhi oleh perilaku siswa. |
en_US |