Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan Metode Kolaborasipada Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013

Show simple item record

dc.contributor.author Irwanto, Eri
dc.date.accessioned 2018-02-21T06:47:54Z
dc.date.available 2018-02-21T06:47:54Z
dc.date.issued 2012
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3413
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode kolaborasi dalam pembelajaran menulis puisi baru pada siswa kelas X3 SMA Negeri 4 Purworejo; (2) motivasi belajar siswa setelah diterapkannya metode kolaborasi dalam pembelajaran menulis puisi baru pada siswa kelas X3 SMA Negeri 4 Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X3 SMA Negeri 4 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 32 siswa. Subjek siswa yang diteliti atas perilakunya dalam belajar menulis puisi baru dengan model pembelajaran kolaborasi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, yaitu siklus satu dan siklus dua. Sebelum pelaksanaan siklus, penulis terlebih dahulu melakukan tahap pra-siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik pengamatan, kuesioner, wawancara, dan tes. Dalam teknik analisis data, digunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Dalam penyajian hasil analisis data, digunakan teknik informal. Setelah dilaksanakan penelitian pembelajaran dengan metode kolaborasi, terjadi peningkatan prestasi belajar dan motivasi siswadalam menulis puisi baru pada siswa kelas X3 SMA Negeri 4 Purworejo. (1) Nilai rerata hasil pra-siklus mencapai 76,75 dan rerata pada siklus satu adalah 79,69 atau terjadi peningkatan sebesar 2,94 angka. Nilai rerata pada siklus dua mencapai 80,6 sehingga terjadi peningkatan kembali sebanyak 0,91 angka. Rerata hasil tes pada tahap pra-siklus hingga siklus dua meningkat sebanyak 3,85. Jumlah siswa yang memenuhi KKM pada tahap pra-siklus 20 siswa, meningkat menjadi 32 siswa pada siklus satu, pada siklus dua peningkatan tersebut dapat dipertahankan, yakni 32 siswa tetap memenuhi KKM. Jumlah siswa dari tahap pra-siklus hingga siklus dua meningkat sebanyak 12 siswa. Dengan kata lain, presentase ketuntasan dari tahap pra-siklus hingga siklus dua meningkat sebesar 37,5%. (2) Motivasi atau sikap dan perilaku siswa kelas X3 SMA Negeri 4 Purworejo mengalami peningkatan ke arah lebih baik. Aspek antusias siswa ketika pembelajaran pada pra-siklus baik (B), baik (B) pada siklus satu, dan meningkat pada siklus dua menjadi sangat baik (A). Pada tahap pra-siklus, aspek keaktifan siswa cukup (C), cukup (C) pada siklus satu, dan pada siklus dua meningkat menjadi baik (B). Aspek interaksi dan kerjasama pada tahap pra-siklus cukup (C), meningkat pada siklus satu menjadi amat baik (A), dan peningkatan ini dapat bertahan amat baik (A) pada siklus dua. Aspek tanggungjawab pada tahap prasiklus cukup (C), meningkat menjadi baik (B) pada siklus satu dan pada siklus dua. Nilai rata-rata pada tahap pra-siklus adalah C, meningkat pada siklus satu menjadi B, dan meningkat lagi pada siklus dua menjadi A. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject puisi baru, kolaborasi, SMA Negeri 4 Purworejo en_US
dc.title Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan Metode Kolaborasipada Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account