Abstract:
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) langkah-langkah
pembelajaran keterampilan menulis paragraf narasi dengan media gambar berseri
pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Petanahan Tahun Pembelajaran 2012/2013; (2)
pengaruh media gambar berseri terhadap aktivitas belajar siswa kelas X SMA
Negeri 1 Petanahan dalam pembelajaran keterampialn menulis paragraf narasi; (3)
peningkatan prestasi keterampilan menulis paragraf narasi siswa kelas X setelah
memperoleh pembelajaran menulis paragraf narasi dengan media gambar berseri.
Teori yang menjadi acuan adalah teori yang dikemukakan oleh Nurrudin
(2010: 71) yang mengemukakan bahwa narasi adalah bentuk tulisan yang
berusaha menciptakan, mengisahkan, merangkaikan tindak-tanduk perbuatan
manusia dalam sebuah peristiwa secara kronologis atau yang berlangsung dalam
satu kesatuan waktu tertentu. Sadiman (2010: 29) mengemukakan bahwa gambar
adalah media yang merupakan bahasa yang umum, yang dapat dimengerti dan
dapat dinikmati di mana-mana.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu penelitian
kolaboratif dengan pihak lain untuk menciptakan kinerja guru yang lebih baik.
Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap
yaitu: (1) tahap perencanaan; (2) tahap pelaksanaan; (3) tahap pengamatan; (4)
tahap refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini
yaitu: (1) teknik tes; dan (2) teknik nontes. Teknik analisis data yang digunakan
adalah teknik kualitatif dan kuantitatif. Adapun teknik penyajian hasil digunakan
metode penyajian informal.
Adapun hasil langkah-langkah pembelajaran pada prasiklus, siklus I, dan
siklus II meningkat. Pada prasiklus, siswa masih kurang tertarik mengikuti proses
pembelajaran. Pada siklus I, siswa sudah mulai tertarik dalam mengikuti proses
pembelajaran dengan media gambar berseri. Pada siklus II, siswa lebih tertarik
dan merasa senang dalam mengikuti pembelajaran menulis paragraf narasi dengan
media gambar berseri. Menulis paragraf narasi dengan media gambar berseri
mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa seperti keseriusan siswa dalam
mengikuti pembelajaran, kemampuan siswa bertanya, antusias siswa selama
proses pembelajaran, keseriusan siswa saat menulis paragraf narasi, dan antusias
siswa saat menulis paragraf narasi. Keterampilan menulis paragraf narasi pada
prasiklus, siklus I, dan siklus II terjadi peningkatan. Pada prasiklus nilai rata-rata
menulis paragraf narasi masih rendah yaitu 66,9. Pada siklus I, nilai rata-rata kelas
meningkat yaitu 72,6. Pada siklus II, nilai rata-rata kelas meningkat lagi mencapai
78,9. Berdasarkan hasil penilaian dapat dikatakan bahwa siswa sudah mampu
menulis paragraf narasi dengan baik sesuai dengan kriteria yang ditetapkan.