Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf narasi dengan Media Gambar Berseri pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Petanahan Tahun Pembelajaran 2012/2013

Show simple item record

dc.contributor.author Sangadah, Umi
dc.date.accessioned 2018-02-21T06:50:52Z
dc.date.available 2018-02-21T06:50:52Z
dc.date.issued 2012
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3415
dc.description.abstract Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) langkah-langkah pembelajaran keterampilan menulis paragraf narasi dengan media gambar berseri pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Petanahan Tahun Pembelajaran 2012/2013; (2) pengaruh media gambar berseri terhadap aktivitas belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Petanahan dalam pembelajaran keterampialn menulis paragraf narasi; (3) peningkatan prestasi keterampilan menulis paragraf narasi siswa kelas X setelah memperoleh pembelajaran menulis paragraf narasi dengan media gambar berseri. Teori yang menjadi acuan adalah teori yang dikemukakan oleh Nurrudin (2010: 71) yang mengemukakan bahwa narasi adalah bentuk tulisan yang berusaha menciptakan, mengisahkan, merangkaikan tindak-tanduk perbuatan manusia dalam sebuah peristiwa secara kronologis atau yang berlangsung dalam satu kesatuan waktu tertentu. Sadiman (2010: 29) mengemukakan bahwa gambar adalah media yang merupakan bahasa yang umum, yang dapat dimengerti dan dapat dinikmati di mana-mana. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu penelitian kolaboratif dengan pihak lain untuk menciptakan kinerja guru yang lebih baik. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: (1) tahap perencanaan; (2) tahap pelaksanaan; (3) tahap pengamatan; (4) tahap refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: (1) teknik tes; dan (2) teknik nontes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kualitatif dan kuantitatif. Adapun teknik penyajian hasil digunakan metode penyajian informal. Adapun hasil langkah-langkah pembelajaran pada prasiklus, siklus I, dan siklus II meningkat. Pada prasiklus, siswa masih kurang tertarik mengikuti proses pembelajaran. Pada siklus I, siswa sudah mulai tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran dengan media gambar berseri. Pada siklus II, siswa lebih tertarik dan merasa senang dalam mengikuti pembelajaran menulis paragraf narasi dengan media gambar berseri. Menulis paragraf narasi dengan media gambar berseri mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa seperti keseriusan siswa dalam mengikuti pembelajaran, kemampuan siswa bertanya, antusias siswa selama proses pembelajaran, keseriusan siswa saat menulis paragraf narasi, dan antusias siswa saat menulis paragraf narasi. Keterampilan menulis paragraf narasi pada prasiklus, siklus I, dan siklus II terjadi peningkatan. Pada prasiklus nilai rata-rata menulis paragraf narasi masih rendah yaitu 66,9. Pada siklus I, nilai rata-rata kelas meningkat yaitu 72,6. Pada siklus II, nilai rata-rata kelas meningkat lagi mencapai 78,9. Berdasarkan hasil penilaian dapat dikatakan bahwa siswa sudah mampu menulis paragraf narasi dengan baik sesuai dengan kriteria yang ditetapkan. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject menulis, paragraf narasi ekspositoris, media gambar berseri en_US
dc.title Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf narasi dengan Media Gambar Berseri pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Petanahan Tahun Pembelajaran 2012/2013 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account