Abstract:
Tujuan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan
menulis karangan deskripsi dengan menggunakan media lingkungan sekitar
sekolah, (2) mendeskripsikan perubahan perilaku siswa dalam pembelajaran
menulis karangan deskripsi menggunakan media lingkungan sekitar sekolah, (3)
mendeskripsikan peningkatan keterampilan siswa dalam menulis karangan
deskripsi menggunakan media lingkungan sekitar sekolah.
Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini
adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 31 Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012,
yang berjumlah 32 siswa. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan
kualitatif. Dalam pengumpulan data penelitian dilakukan tes dan non tes. Dalam
teknik analisis data, peneliti menggunakan metode kualitatif. Teknik penyajian
hasil analisis data yang digunakan adalah metode penyajian informal.
Berdasarkan hasil pengamatan, siswa mengalami perubahan perilaku
positif terhadap proses pembelajaran menulis karangan deskripsi menggunakan
media lingkungan sekitar sekolah. Hal ini dilihat dari hasil nontes siklus I dan
siklus II. Hasil observasi pada siklus I, siswa masih cukup kurang dalam
mengikuti pembelajaran, pada siklus II ini sebagian besar sudah mulai mengikuti
dan menikmati pembelajaran yang diterapkan oleh penulis derngan baik. Hasil
kemampuan siswa menulis karangan deskripsi menggunakan media lingkungan
sekitar sekolah memperoleh nilai rata-rata pada prasiklus sebesar 61,44 termasuk
kategori cukup baik, sedangkan nilai rata- rata pada siklus I mencapai 69,13, dan
termasuk dalam kategori cukup baik. Pada siklus II, nilai rata- rata yang dicapai
adalah 73,93. Peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 73,94. Dengan
demikian dapat dibuktikan ada peningkatan dalam pembelajaran menulis
karangan deskripsi menggunakan media lingkungan sekitar sekolah pada siswa
kelas VIII B SMP Negeri 31 Purworejo .