Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Strategi Kesopanan dalam Rubrik “Surat Pembaca” Harian Suara Merdeka Edisi April 2012 sebagai Bahan Pembelajaran Kesopanan Berbahasa di SMA

Show simple item record

dc.contributor.author Lina, Aris
dc.date.accessioned 2018-02-21T07:00:32Z
dc.date.available 2018-02-21T07:00:32Z
dc.date.issued 2012
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3421
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan pematuhan strategi kesopanan pada rubrik “Surat Pembaca” harian Suara Merdeka edisi April 2012; (2) mendeskripsikan pelanggaran strategi kesopanan pada rubrik “Surat Pembaca” harian Suara Merdeka edisi April 2012; dan (3) mendeskripsikan relevansi strategi kesopanan rubrik “Surat Pembaca” harian Suara Merdeka edisi April 2012 dengan pembelajaran kesopanan berbahasa di SMA pada kompetentsi dasar memberikan kritik terhadap informasi dari media cetak dan atau elektronik dan memberikan persetujuan atau dukungan terhadap artikel yang terdapat dalam media cetak dan atau elektronik. Secara teoretis, dalam penelitian ini digunakan pendekatan pragmatik (Levinson, 1983: 9), sedangkan secara metodologis, digunakan pendekatan deskriptif kualitatif (Bodgar dan Taylor dalam Moleong, 2011: 4). Dalam penelitian, peneliti bertindak sebagai instrumen penelitian dibantu dengan menggunakan kartu data (Moleong, 2011: 9). Data penelitian berupa 60 tuturan dalam “Surat Pembaca” harian Suara Merdeka edisi April 2012. Data dikumpulkan menggunakan metode simak dan catat dalam kartu data (Sudaryanto, 1993: 133). Data dianalisis dengan menggunakan metode padan (Sudaryanto, 1993: 13), hasilnya disajikan menggunakan metode informal (Sudaryanto, 1993: 145). Hasil analisis berupa (1) pematuhan strategi kesopanan lebih banyak ditemukan daripada pelanggaran, yakni 47 dari 57 data dengan bentuk strategi yang bervariasi. Ada dua kemungkinan penyebab pematuhan strategi kesopanan lebih banyak daripada pelanggaran. Pertama, penulis surat menyadari pentingnya kesopanan berbahasa dalam bahasa tulis. Kedua, dalam rubrik “Surat Pembaca”, penulis diwajibkan mencantumkan identitasnya sehingga penulis lebih berhatihati dalam bertutur; (2) pelanggaran strategi kesopanan lebih sedikit ditemukan daripada pematuhan, yakni 10 dari 57 data. Pelanggaran strategi kesopanan hanya difokuskan pada pelanggaran strategi kesopanan positif dan pelanggaran strategi kesopanan negatif karena hanya ada dua muka yang dilanggar akibat tidak melakukan sopan santun dalam berbahasa, yakni muka positif dan muka negatif; dan (3) strategi kesopanan pada rubrik “Surat Pembaca” harian Suara Merdeka edisi April 2012 relevan dengan bahan pembelajaran kompetensi dasar 10.1 memberikan kritik terhadap informasi dari media cetak dan atau elektronik dan 10.2 memberikan persetujuan atau dukungan terhadap artikel yang terdapat dalam media cetak dan atau elektronik. Hal itu terbukti dengan lebih banyak ditemukannya data pematuhan strategi daripada data pelanggaran.Pada dasarnya, memberikan persetujuan maupun kritik, selain menggunakan bukti dan alasan yang jelas, juga diperlukan kesopanan. Ragam bahasa yang sopan diadopsi dari analisis strategi kesopanan bahasa dalam “Surat Pembaca”. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject strategi kesopanan, tuturan “Surat Pembaca”, relevansi pembelajaran en_US
dc.title Strategi Kesopanan dalam Rubrik “Surat Pembaca” Harian Suara Merdeka Edisi April 2012 sebagai Bahan Pembelajaran Kesopanan Berbahasa di SMA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account