Abstract:
Rumusan masalah pada penelitian ini, yaitu (1) bagaimanakah pengaruh
media gambar peristiwa terhadap antusias belajar siswa kelas VII SMP
Muhammadiyah Sadang, Kebumen dalam menulis puisi? (2) Bagaimanakah
peningkatan keterampilan menulis puisi siswa kelas VII SMP Muhammadiyah
Sadang, Kebumen setelah memperoleh pembelajaran dengan menggunakan media
gambar peristiwa?.
Teori yang menjadi acuan dalam penelitian ini adalah teori yang
dikemukakan oleh Pradopo (2002: 7)) mengungkapkan bahwa puisi adalah
mengekspresikan pemikiran yang membangkitkan perasaan, yang merangsang
imajinasi panca indera dalam susunan yang berirama. Media gambar peristiwa
merupakan sebuah media pendidikan berupa gambar sebuah peristiwa atau
kejadian yang pernah terjadi di dalam kehidupan manusia (Sadiman, 1998: 28).
Penelitian ini meggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) model
Arikunto. Setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan,
pemantauan, dan refleksi.
Sumber data penelitian ini adalah karangan menulis puisi siswa kelas VII
SMP Muhammadiyah Sadang, Kebumen yang berjumlah 24 buah karangan dari
24 siswa. Dalam pengumpulan data digunakan teknis tes dan nontes. Teknik
nontes terdiri dari pengamatan dan kuestioner (Nurgiyantoro, 1988; 56). Data
dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif (Sugiyono, 2009: 333). Selanjutnya
dalam teknik hasil analisis data digunakan metode informal (Sudaryanto: 1993:
145).
Hasil penelitian ini ditunjukkan bahwa penggunaan media gambar
peristiwa untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas VII SMP
Muhammadiyah Sadang, Kebumen mendapat tanggapan positif dari siswa. Hasil
menulis puisi siswa terus mengalami peningkatan. Pada siklus I siswa
memperoleh rata-rata skor menulis puisi sebesar 72,21 yang berarti keterampilan
menulis puisi siswa meningkat 5,56 dari skor rata-rata prasiklus 66,65. Skor
tersebut menunjukkan adanya peningkatan, namun hasil yang diperoleh belum
optimal. Untuk itu, dilaksanakan tindakan siklus II. Skor rata-rata yang dicapai
siswa pada akhir tindakan siklus II adalah 77,67. Peningkatan skor akhir tindakan
siklus I dan skor akhir tindakan siklus II adalah 5,46, yaitu dari skor rata-rata
72,21 menjadi 77,67. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa
pengajaran melalui media gambar peristiwa menulis puisi siswa kelas VII SMP
Muhammadiyah Sadang, Kebumen meningkat.