Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Penggunaan Media Gambar Peristiwa sebagai Upaya Peningkatan Keterempilan Menulis Puisi pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Sadang Kebumen Tahun Pembelajaran 2011/2012

Show simple item record

dc.contributor.author Widodo, Wahyu
dc.date.accessioned 2018-02-21T07:02:07Z
dc.date.available 2018-02-21T07:02:07Z
dc.date.issued 2012
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3423
dc.description.abstract Rumusan masalah pada penelitian ini, yaitu (1) bagaimanakah pengaruh media gambar peristiwa terhadap antusias belajar siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Sadang, Kebumen dalam menulis puisi? (2) Bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis puisi siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Sadang, Kebumen setelah memperoleh pembelajaran dengan menggunakan media gambar peristiwa?. Teori yang menjadi acuan dalam penelitian ini adalah teori yang dikemukakan oleh Pradopo (2002: 7)) mengungkapkan bahwa puisi adalah mengekspresikan pemikiran yang membangkitkan perasaan, yang merangsang imajinasi panca indera dalam susunan yang berirama. Media gambar peristiwa merupakan sebuah media pendidikan berupa gambar sebuah peristiwa atau kejadian yang pernah terjadi di dalam kehidupan manusia (Sadiman, 1998: 28). Penelitian ini meggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) model Arikunto. Setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pemantauan, dan refleksi. Sumber data penelitian ini adalah karangan menulis puisi siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Sadang, Kebumen yang berjumlah 24 buah karangan dari 24 siswa. Dalam pengumpulan data digunakan teknis tes dan nontes. Teknik nontes terdiri dari pengamatan dan kuestioner (Nurgiyantoro, 1988; 56). Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif (Sugiyono, 2009: 333). Selanjutnya dalam teknik hasil analisis data digunakan metode informal (Sudaryanto: 1993: 145). Hasil penelitian ini ditunjukkan bahwa penggunaan media gambar peristiwa untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Sadang, Kebumen mendapat tanggapan positif dari siswa. Hasil menulis puisi siswa terus mengalami peningkatan. Pada siklus I siswa memperoleh rata-rata skor menulis puisi sebesar 72,21 yang berarti keterampilan menulis puisi siswa meningkat 5,56 dari skor rata-rata prasiklus 66,65. Skor tersebut menunjukkan adanya peningkatan, namun hasil yang diperoleh belum optimal. Untuk itu, dilaksanakan tindakan siklus II. Skor rata-rata yang dicapai siswa pada akhir tindakan siklus II adalah 77,67. Peningkatan skor akhir tindakan siklus I dan skor akhir tindakan siklus II adalah 5,46, yaitu dari skor rata-rata 72,21 menjadi 77,67. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa pengajaran melalui media gambar peristiwa menulis puisi siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Sadang, Kebumen meningkat. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject media gambar peristiwa, keterampilan menulis puisi. en_US
dc.title Penggunaan Media Gambar Peristiwa sebagai Upaya Peningkatan Keterempilan Menulis Puisi pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Sadang Kebumen Tahun Pembelajaran 2011/2012 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account