dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) penerapan media
poster dalam keterampilan menulis paragraf persuasi pada siswa kelas X SMA N
4 Purworejo, (2) proses pembelajaran keterampilan menulis paragraf persuasi
menggunakan media poster pada siswa kelas X SMA N 4 Purworejo, (3)
peningkatan keterampilan menulis paragraf persuasi setelah menggunakan media
poster pada siswa kelas X SMA N 4 Purworejo.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini
adalah siswa kelas X SMA Negeri 4 Purworejo yang berjumlah 37 siswa. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan teknik observasi,
tes, nontes dan dokumentasi foto. Analisis data dalam penelitian ini meliputi
analisis tindakan proses yang dilakukan secara kualitatif dan analisis hasil
tindakan yang dilakukan secara kuantitatif. Langkah-langkah pembelajaran
keterampilan menulis paragraf persuasi dengan menggunakan media poster
dilaksanakan dengan tiga tahap yaitu prasiklus, siklus I, dan siklus II. Masingmasing
siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan
refleksi. Dalam penyajian hasil analisis digunakan teknik informal.
Kualitas dari segi proses dapat dilihat pada pelaksanaan proses
pembelajaran yang berlangsung menarik dan menyenangkan. Hal tersebut dapat
dilihat pada saat proses pembelajaran berlangsung siswa sangat antusias
mengikuti proses pembelajaran di kelas. Peningkatan proses berpengaruh terhadap
peningkatan produk. Skor rata-rata hasil tes kemampuan awal baru mencapai
69,56 dan rerata hasil tes siklus I adalah 74,27 atau terjadi peningkatan 4,9 . nilai
rerata tes siklus I adalah 74,27 dan nilai rerata hasil tes siklus II mencapai 80,46
atau terjadi peningkatan 6,19. Rerata hasil tes kemampuan awal hingga siklus II
meningkat 11,10. Jumlah siswa yang memenuhi KKM pada kemampuan awal 15
siswa atau 40,54% dan siklus I ada 23 siswa atau 62,16%, atau meningkat 8 siswa
atau 21,62%. Siklus II ada 33 siswa atau 89,19% dan meningkat 10 siswa atau
27,02%. Jumlah siswa dari kemampuan awal hingga siklus II meningkat 18 siswa
atau 48,64%. Hasil akhir siswa menunjukan 18 siswa telah memenuhi KKM.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa telah terbukti penggunaan media
poster pada pembelajaran menulis paragraf persuasi dapat meningkatkan prestasi
siswa kelas X SMA Negeri 4 Purworejo. |
en_US |