Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode
pembelajaran giving question and getting answer dapat meningkatkan kecerdasan
emosional dan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri II Maron Tahun
Pelajaran 2011/2012.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 19 siswa. Faktor yang diteliti berupa
peningkatan kecerdasan emosional siswa dan hasil belajar siswa. Metode
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket,
observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif
persentase.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kecerdasan emosional siswa
meningkat dari 76% pada siklus I, menjadi 80% pada siklus II. Hasil belajar juga
meningkat dari 6,8 dengan 42,11% siswa mendapat nilai di atas KKM pada siklus
I, menjadi 7,7 dengan 78,95% siswa mendapat nilai di atas KKM pada siklus II.
Kecerdasan emosional yang dapat terobservasi juga meningkat dari 65,63% pada
siklus I, menjadi 78,13% pada siklus II. Jika dilihat dari hasil tersebut, maka
metode pembelajaran giving question and getting answer dapat meningkatkan
kecerdasan emosional dan hasil belajar siswa