Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: apakah prestasi belajar matematika
dengan aplikasi sistem guru bidang studi lebih baik daripada guru kelas pada
materi bilangan bulat. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SD se-
Kecamatan Gombong tahun pelajaran 2012/ 2013 yang berjumlah 991 siswa dari
33 sekolah dasar. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara cluster random
sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 35 siswa yang terdiri dari 13
siswa pada kelas eksperimen dan 22 siswa pada kelas kontrol.
Instrumen diuji menggunakan taraf kesukaran, daya pembeda, validitas, dan
reliabilitas. Uji coba instrumen dilakukan pada siswa SD N 2 Kuwarasan kelas VI
yang berjumlah 20 siswa. Validitas instrumen diuji menggunakan rumus korelasi
product moment sedangkan reliabilitas instrumen diuji menggunakan rumus KR-
20.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Teknik analisis data
meliputi analisis data awal dan akhir. Setelah analisis data awal dilakukan
selanjutnya kelas eksperimen diterapkan sistem guru bidang studi matematika dan
kelas kontrol tetap diterapkan sistem guru kelas. Pada analisis data akhir, uji
hipotesis menunjukkan tobs= 2.328 > 1.645 = ttabel sehingga H0 ditolak dan H1
diterima artinya adalah bahwa prestasi belajar matematika dengan aplikasi sistem
guru bidang studi lebih baik dari pada guru kelas pada materi bilangan bulat