dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa yang
mendapat pembelajaran menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning
tipe STAD melalui pemanfaatan alat peraga lebih baik daripada prestasi belajar siswa
yang mendapat model pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII semester
genap MTs Negeri Sidoharjo tahun pelajaran 2011/2012 pada sub materi pokok
keliling dan luas daerah lingkaran.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri Sidoharjo
tahun pelajaran 2011/2012 yang terdiri dari tiga kelas dengan jumlah siswa sebanyak
55 siswa. Sampel dalam penelitian berjumlah 37 siswa yang terdiri dari kelas
eksperimen dan kelas kontrol. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster
random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu tes
prestasi belajar matematika siswa. Sebelum digunakan untuk pengambilan data,
instrumen terlebih dahulu diujicobakan pada kelas VIII selain sampel. Soal
instrumen yang diujicobakan sebanyak 30 soal, berdasarkan taraf kesukaran didapat
20 soal yang diterima, sedangkan berdasarkan daya pembeda didapat 27 soal yang
diterima. Kesimpulan berdasarkan taraf kesukaran dan daya pembeda didapat 20
soal yang diterima. Validitas instrumen diuji menggunakan rumus korelasi product
moment, reliabilitas instrumen diuji dengan rumus Spearman Brown.
Uji prasyarat analisis yang digunakan yaitu uji normalitas menggunakan uji
Lilliefors dan uji homogenitas variansi menggunakan uji Bartlett. Dengan α = 0,05
diperoleh sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Uji hipotesis
menggunakan uji t dengan α = 0,05 menunjukan tobs sebesar 1,723 lebih besar dari
ttabel sebesar 1,645 sehingga H0 ditolak. Nilai rata-rata pada metode pembelajaran
kooperatif tipe STAD diperoleh 75,790 sedangkan nilai rata-rata pada materi
pembelajaran konvensional diperoleh 69,722, sehingga metode pembelajaran
kooperatif tipe STAD menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik
daripada metode pembelajaran konvensional (ceramah). |
en_US |