Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode
pembelajaran talking stick dapat meningkatkan motivasi belajar, keterampilan
proses belajar dan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Lugurejo
Tahun Pelajaran 2011/2012.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 19 siswa yang terdiri dari 12 siswa
perempuan dan 7 siswa laki-laki. Faktor yang diteliti berupa peningkatan motivasi
belajar, keterampilan proses belajar siswa dan hasil belajar siswa. Metode
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket,
observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif
persentase.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa
meningkat dari 66% pada siklus I, menjadi 67,05% pada siklus II. Keterampilan
proses belajar siswa meningkat dari 51,47% pada siklus I, menjadi 61,84% pada
siklus II. Hasil belajar juga meningkat dari 63 dengan ketuntasan klasikal
mencapai 57,89% pada siklus I, menjadi 67,37 dengan ketuntasan klasikal
mencapai 73,68% siswa pada siklus II. Jika dilihat dari hasil tersebut, maka
metode pembelajaran talking stick dapat meningkatkan motivasi belajar,
keterampilan proses belajar dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Lugurejo
Kecamatan Butuh Kabupaten Purworejo.