Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa
yang menggunakan pendekatan pembelajaran matematika realistik berbantuan
CD lebih baik dibanding dengan model pembelajaran konvensional materi kubus
dan balok siswa kelas VIII Semester II SMP N 22 Purworejo tahun pelajaran
2011/2012.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII semester II
SMP Negeri 22 Purworejo tahun pelajaran 2011/2012 sebanyak 218 siswa yang
terbagi menjadi 7 kelas. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VIII E
dan kelas VIII F. Pengambilan sampel penelitian menggunakan cluster random
sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan
metode tes. Instrumen penelitian telah diuji cobakan dan sudah memenuhi
validitas dan reliabilitas. Teknik pengolahan data menggunakan uji hipotesis ekor
kanan dengan statistik ujinya menggunakan uji t.
Dari hasil pengolahan data yang dilakukan dengan uji t, diperoleh
sebesar 2,688 dan taraf signifikan 5% diperoleh harga , ; sebesar 1,645
dengan DK = {t|t > 1,645 }. Karena Є DK maka ditolak, sehingga dapat
disimpulkan bahwa prestasi belajar matematika siswa yang diberi pembelajaran
matematika menggunakan pendekatan matematika realistik berbantuan CD
menggunakan lebih baik dibanding siswa yang diberi pembelajaran menggunakan
model pembelajaran konvensional materi kubus dan balok siswa kelas VIII
Semester II SMP N 22 Purworejo tahun pelajaran 2011/2012.