Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Penerapan Model Pembelajaran E-Learning pada Materi Kubus dan Balok terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP N se-Kecamatan Banyuurip ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa

Show simple item record

dc.contributor.author Rahmawati, Nurina Kurniasari
dc.date.accessioned 2018-02-21T07:36:48Z
dc.date.available 2018-02-21T07:36:48Z
dc.date.issued 2012
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3445
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah model pembelajaran Elearning memberikan hasil belajar matematika yang lebih baik dari model pembelajaran konvensional pada materi kubus dan balok, (2) apakah motivasi belajar tinggi memberikan hasil belajar matematika yang lebih baik dari motivasi belajar sedang dan rendah pada materi kubus dan balok, (3) apakah terdapat interaksi antara motivasi belajar siswa dengan model pembelajaran terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi kubus dan balok. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester II SMP N se- Kecamatan Banyuurip Kabupaten Purworejo yang berjumlah 768 siswa. Sampel penelitian berjumlah 61 siswa. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling. Instrumen pengumpulan data dengan dokumentasi, tes, dan angket dengan skala Likert, instrumen penelitian telah diuji cobakan dan sudah memenuhi validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan Analisis Variansi Dua Jalan dengan Sel tak Sama. Uji analisis variansi memberikan hasil Fa = 33.94, Fb = 3.44, Fab = 0.40, sedangkan DK untuk Fa adalah = {F | F > . ; ; } = { | > 4.00}, DK untuk Fb adalah = {F | F > . ; ; } = { | > 3.15}, dan DK untuk Fab adalah = {F | F > . ; ; } = { | > 3.15} artinya H0A ditolak; H0B ditolak; H0AB diterima, hasil ini menunjukkan bahwa model pembelajaran E-learning memberikan hasil belajar matematika yang lebih baik dari model pembelajaran konvensional pada materi kubus dan balok, motivasi belajar tinggi memberikan hasil belajar matematika yang lebih baik dari motivasi belajar sedang dan rendah pada materi kubus dan balok, tetapi motivasi belajar sedang tidak memberikan hasil belajar yang lebih baik dari motivasi belajar rendah pada materi kubus dan balok, serta tidak terdapat interaksi antara motivasi belajar siswa dengan model pembelajaran terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi kubus dan balok. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject Model E-learning, Motivasi Belajar, Hasil Belajar en_US
dc.title Penerapan Model Pembelajaran E-Learning pada Materi Kubus dan Balok terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP N se-Kecamatan Banyuurip ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account