Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Eksperimentasi Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap Prestasi Belajar dalam Pembelajaran Matematika ditinjau dari Karakter Belajar pada Siswa Kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Kaligesing Tahun Pelajaran 2011/2012

Show simple item record

dc.contributor.author Ainia, Qurotuh
dc.date.accessioned 2018-02-21T07:42:41Z
dc.date.available 2018-02-21T07:42:41Z
dc.date.issued 2012
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3449
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah prestasi belajar matematika dengan model AIR lebih baik daripada model konvensional. (2) apakah prestasi belajar matematika dengan karakter belajar membudaya (MK) lebih baik dari mulai berkembang (MB), mulai terlihat (MT), dan belum terlihat (BT). (3) interaksi antara model pembelajaran dengan karakter belajar terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Kaligesing. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini 52 siswa yang terdiri dari 28 siswa untuk kelompok eksperimen dan 24 siswa kelompok kontrol. Instrumen penelitian berupa angket karakter belajar dan tes prestasi belajar matematika. Instrumen diuji cobakan sebelum digunakan untuk pengambilan data. Validitas angket dilakukan dengan konsistensi internal dan reliabilitas angket menggunakan rumus alpha. Sedangkan untuk tes prestasi belajar validitas instrumen dilakukan dengan product moment, Reliabilitas tes diuji menggunakan rumus KR-20. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes untuk data prestasi belajar matematika, metode angket untuk data karakter belajar serta metode dokumentasi untuk mengetahui nilai ujian semester 1 matematika siswa yang digunakan untuk menguji keseimbangan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi (Anava) dua jalan dengan sel tak sama. Sebagai tindak lanjut dari Anava dilakukan uji scheffe. Hasil penelitian dengan  = 0.05, menyimpulkan bahwa: (1) obs = 17.018 > tabel = 4.08 sehingga Ho ditolak yang berarti bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran AIR dan model konvensional, dilihat dari rataan marginalnya bahwa model pembelajaran AIR lebih baik dari model konvensional. (2) obs = 17.015 > tabel = 2.48 maka ditolak yang berarti tidak semua karakter belajar memberikan efek yang sama terhadap prestasi belajar siswa, maka dilakukan uji scheffe dan didapat prestasi belajar matematika untuk karakter belajar membudaya (MK) lebih baik dari mulai berkembang (MB), mulai terlihat (MT), dan belum terlihat (BT). (3) obs = 0.781 < tabel = 2.48 sehingga Ho diterima yang berarti tidak ada interaksi antara model pembelajaran dan karakter belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject Pembelajaran AIR, Karakter Belajar, Prestasi Belajar en_US
dc.title Eksperimentasi Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap Prestasi Belajar dalam Pembelajaran Matematika ditinjau dari Karakter Belajar pada Siswa Kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Kaligesing Tahun Pelajaran 2011/2012 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account