Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
siswa dalam pembelajaran matematika pada materi segiempat. Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII D
SMP Negeri 1 Alian tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 31 siswa, terdiri dari
13 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Faktor yang diteliti berupa peningkatan
aktivitas dan hasil belajar siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode observasi dan evaluasi tertulis. Analisis data
menggunakan analisis deskriptif dengan teknik persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model kooperatif
tipe Scramble dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dari 64,19% pada siklus I
menjadi 72,25% pada siklus II. Dengan nilai KKM yang direncanakan yaitu 70, hasil
belajar siswa juga meningkat dari 68,80 pada siklus I dengan 58,06% siswa yang
mencapai KKM menjadi 79,67 pada siklus II dengan 77,41% siswa yang mencapai
KKM. Jika dilihat dari hasil tersebut, maka pembelajaran dengan model kooperatif
tipe Scramble dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa