Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Eksperimentasi Model Pembelajaran STAD Berbantuan Alat Peraga pada Materi Geometri Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri se- Gugus Untung Suropati Kecamatan Ambal Tahun Pelajaran 2011/2012

Show simple item record

dc.contributor.author Setiasih, Yuni
dc.date.accessioned 2018-02-21T07:45:44Z
dc.date.available 2018-02-21T07:45:44Z
dc.date.issued 2012
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3452
dc.description.abstract Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahuiapakah prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran STAD berbantuan alat peraga lebih baik daripada prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada materi geometri di SD Negeri se-Gugus Untung Suropati tahun pelajaran 2011/2012. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri se-gugus Untung Suropati Kecamatan Ambal Kabupaten Kebumen tahun pelajaran 2011/2012 yang terdiri dari tujuh kelas dengan jumlah siswa sebanyak 189 siswa. Sampel dalam penelitian berjumlah 67 siswa yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu tes prestasi belajar matematika siswa. Sebelum digunakan untuk pengambilan data, instrumen terlebih dahulu diujicobakan. Validitas instrumen diuji menggunakan rumus koreasi produc moment, reliabilitas instrumen diuji dengan rumus KR-20. Uji prasarat analisis yang digunakan yaitu uji normalitas menggunakan uji Lilliefors dan uji homogenitas variansi menggunakan uji Bartlett. Dengan α = 0,05 diperoleh sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Uji hipotesis menggunakan uji t dengan α = 0,05 menunjukkan tobs sebesar 2,56lebihbesar dari ttabel sebesar 1,645 sehingga H0 ditolak ini berarti prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran STAD berbantuan alat peraga lebih baik daripada prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan mode pembalajran konvensional. Dari rata-rata marginalnya, nilai rata-rata pada metode pembelajaran kooperatif tipeSTAD diperoleh 79,56, sedangankan nilai rata-rata pada materi pembelajaran konvensional (ceramah) diperoleh 69,27. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject pembelajaran, STAD, konvensional en_US
dc.title Eksperimentasi Model Pembelajaran STAD Berbantuan Alat Peraga pada Materi Geometri Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri se- Gugus Untung Suropati Kecamatan Ambal Tahun Pelajaran 2011/2012 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account