Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

BERFIKIR MATEMATIS RIGOR LEVEL 1 SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI DALAM KOMPETENSI DASAR MENGIDENTIFIKASI SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR

Show simple item record

dc.contributor.author Istikhomah
dc.date.accessioned 2018-02-21T07:46:01Z
dc.date.available 2018-02-21T07:46:01Z
dc.date.issued 2012
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3453
dc.description.abstract Berfikir matematis rigor level 1 (berfikir kualitatif) adalah suatu aktivitas berfikir matematis yang melibatkan penggunaan beberapa fungsi kognitif dimana dalam penggunaannya berfikir matematis kualitatif mempunyai 6 fungsi kognitif yaitu pelabelan (labeling), visualisasi (visualizing), pembandingan (comparing), pencarian secara sistematis untuk mengumpulkan dan melengkapi informasi (searching systematically to gather clear and complete information), penggunaan lebih dari satu sumber informasi (using more than one source of information), penyandian (encoding), dan pemecahan kode (decoding). Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi kemampuan berfikir matematis rigor level 1 siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri di kecamatan Purworejo dalam kompetensi dasar mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar. Teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan cara tes wawancara dan teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dan snowball sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah 15 siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri di kecamatan Purworejo yang kemampuan matematikanya lebih dari atau sama dengan 85. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif sedangkan analisis data dilakukan dengan langkahlangkah reduksi data, penyajian data dan pembahasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek sudah mampu menggunakan empat fungsi kognitif yaitu pelabelan, visualisasi, pencarian secara sistematis untuk mengumpulkan dan melengkapi informasi, penggunaan lebih dari satu sumber informasi dan pemecahan kode. Fungsi kognitif yang belum digunakan oleh subjek yaitu pembandingan dan penyandian, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa subjek belum mampu berfi kir matematis rigor level 1. en_US
dc.publisher Matematika/FKIP en_US
dc.subject Berfikir matematis rigor level 1, fungsi kognitif, kemampuan matematika. en_US
dc.title BERFIKIR MATEMATIS RIGOR LEVEL 1 SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI DALAM KOMPETENSI DASAR MENGIDENTIFIKASI SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account