Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika
siswa SMP Negeri 4 Purworejo melalui penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe STAD dengan media VCD pada sub pokok bahasan ”Menghitung
luas permukaan dan volume kubus dan balok”.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan
selama 8 bulan, mulai dari Desember 2011 sampai dengan Juli 2012. Subjek
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII B yang berjumlah 32 siswa. Faktor
yang diteliti berupa peningkatan prestasi belajar matematika siswa. Teknik
pengumpulan data menggunakan metode tes. Setelah data terkumpul, data
dianalisis dengan menggunakan rumus rerata dan persentase. Instrumen soal yang
diujikan berbentuk uraian dan telah diuji validitas isinya oleh validator sebanyak 3
orang yang merupakan para guru matematika di SMP Negeri 4 Purworejo.
Peneliti juga menghitung reliabilitas untuk menentukan baik tidaknya instrumen
pengumpulan data. Rumus reliabilitas yang digunakan peneliti adalah rumus
alpha. Instrumen dalam penelitian ini sebesar 0,65375 pada soal akhir siklus I dan
0,614 pada soal akhir siklus II dengan perhitungan kriteria tinggi.
Data awal yang digunakan untuk nilai pemahaman konsep siswa adalah
nilai rerata ulangan harian siswa, dengan rerata 69,53 dan ketuntasan klasikal
53,125%. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa hasil rerata pemahaman konsep
siswa pada siklus I mencapai 79,125 dengan ketuntasan klasikal 71,875% dan
pada siklus II sudah mencapai 83,00 dengan ketuntasan klasikal 87,5%. Ini berarti
hasil penelitian menunjukkan peningkatan prestasi belajar matematika siswa.