Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mana yang lebih baik antara
hasil belajar siswa yang menggunakan peta konsep dan hasil belajar siswa dengan
strategi konvensional materi lingkaran pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1
Prembun tahun pelajaran 2011/2012.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Prembun tahun pelajaran
2011/2012 dengan jumlah populasi sebanyak 288 siswa. Teknik pengambilan
sampel dilakukan secara cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini
berjumlah 64 siswa yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah instrumen tes hasil
belajar matematika. Validitas instrumen soal dihitung menggunakan rumus
korelasi product moment angka kasar. Reliabilitas tes diuji dengan rumus KR-20.
Dari hasil pengolahan data yang dilakukan dengan uji t, diperoleh thitung
sebesar 1,7581 dan taraf signifikan 5% diperoleh harga t0,05;62 sebesar 1,645
dengan DK = {t|t > 1,645 }. Karena thitung ∈ DK maka ditolak, sehingga dapat
disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada materi lingkaran dengan
menggunakan peta konsep lebih baik dari hasil belajar siswa dengan
menggunakan strategi pembelajaran konvensional