Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan motivasi dan hasil belajar
siswa kelas VIII SMP Negeri 29 Purworejo melalui penggunaan Wingeom
beracuan konstruktivisme. Penelitian dilaksanakan bulan Maret sampai bulan Juli
2012 pada semester dua tahun pelajaran 2011/2012 di SMP Negeri 29 Purworejo.
Penelitian dilakukan di kelas VIII D SMP Negeri 29 Purworejo yang berjumlah
25 siswa, yang terdiri dari 13 laki-laki dan 12 perempuan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan
langkah-langkah penelitian sebagai berikut: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3)
observasi, (4) refleksi dan tindak lanjut. Kegiatan tersebut disebut dengan satu
siklus kegiatan, dengan pelaksanaan 2 siklus utama yaitu siklus I dan siklus II.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan menggunakan angket motivasi,
angket tanggapan siswa terhadap pembelajran menggunakan Wingeom dan tes
prestasi materi bangun ruang sisi datar. Data yang terkumpul dianalisis secara
deskriptif dengan menggunakan analisis persentase. Dengan indicator
keberhasilan 85% dengan KKM 65.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa.
Sebelum tindakan diperoleh rerata sebesar 62,08 dengan ketuntasan klasikal 40%,
sedangkan pada siklus I diperoleh rerata 72,56 dengan ketuntasan klasikal 64%,
hingga pada siklus II rerata meningkat menjadi 81,52 dengan ketuntasan klasikal
88%. Hasil penelitian ini menunjukkan motivasi siklus I mencapai kategori
sedang dan pada siklus II meningkat menjadi kategori tinggi. Untuk tanggapan
siswa terhadap pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus I mendapat
tanggapan dengan kategori sedang dan pada siklus II mendapat tanggapan pada
kategori sangat tinggi. Hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan motivasi
dan hasil belajar siswa kelas VIII D SMP Negeri 29 Purworejo melalui
penggunaan Wingeom beracuan konstruktivisme.