dc.description.abstract |
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah prestasi belajar
matematika siswa dalam pokok bahasan bangun ruang sisi datar antara siswa yang
diberi tugas membuat model berkerangka lebih baik daripada prestasi belajar siswa
yang diberi tugas membuat model berongga.
Dua sekolah diambil sebagai sampel, yaitu SMP Negeri 31 Purworejo dan SMP
Muhammadiyah Purworejo. Dari hasil cluster random sampling diperoleh SMP
Negeri 31 Purworejo sebagai sekolah eksperimen 1 dan SMP Muhammadiyah
Purworejo sebagai sekolah eksperimen 2. Dengan cluster random sampling pula dari
masing-masing sekolah diambil satu kelas sebagai kelas eksperimen.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Analisis data awal
meliputi uji keseimbangan dengan uji t dengan uji prasyaratnya menggunakan uji
normalitas dengan metode Lilliefors dan uji homogenitas dengan metode Bartlett,
masing-masing menggunakan = 0,05. Uji hipotesis menggunakan rumus t
dengan uji prasyaratnya menggunakan uji normalitas dengan metode Lilliefors dan
uji homogenitas menggunakan metode Bartlett, masing-masing dengan α= 0,05. Uji
Hipotesis menunjukkan tobs= 3,890 > 1,645 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima,
artinya adalah bahwa prestasi belajar matematika siswa dalam pokok bahasan
bangun ruang sisi datar antara siswa yang diberi tugas membuat model berkerangka
lebih baik daripada prestasi belajar siswa yang diberi tugas membuat model
berongga. |
en_US |