Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada
pokok bahasan garis dan sudut pada siswa kelas VII F SMPN 4 Purworejo
dengan menggunakan model pembelajaran open-ended.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII F SMPN 4 Purworejo
tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan
data dalam penelitian ini menggunakan metode tes. Instrumen pengumpulan
data telah divalidasikan oleh tiga validator dan telah memenuhi standar
validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan persentase dan rerata.
Data awal yang digunakan dalam penelitian ini adalah nilai rata-rata siswa
sebesar 61,67 dengan persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 31,25%.
Setelah dilakukan penelitian diperoleh nilai rerata siswa sebesar 67 di siklus I,
dan meningkat menjadi sebesar 72,438 pada siklus II. Sedangkan persentase
ketuntasan belajar siswa pada siklus I diperoleh 56,25% yang kemudian
meningkat sebesar 71,875% pada siklus II. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa model pembelajaran open-ended dapat meningkatkan
prestasi belajar matematika siswa kelas VII F SMPN 4 Purworejo tahun ajaran
2011/2012.