Abstract:
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD se-Gugus Bima
Kecamatan Kutowinangun Tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 93 orang.
Sampel penelitianadalah siswa kelas IV SD N 1 Pejagatan dan SD N 2 Pejagatan
yang berjumlah 32 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknikstratified
cluster random sampling.Instrumen penelitian ini menggunakan soal pilihan
ganda berjumlah 21 soal yang sudah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat
tingkat kesukaran, daya pembeda, validitas dan reliabilitas. Analisis data
menggunakan uji t.
Uji prasyarat analisis variansi menggunakan uji Lilliefors untuk uji
normalitas dan uji Barlett untuk uji homogenitas. Dengan = 0,05,diperoleh
sampel yang berasal dari populasi berdistribusi normal dan homogen. Hasil
analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata nilai pada kelas eksperimen 73,75
dan pada kelas kontrol 55.Setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji t
menunjukkan t = 2,648dan t = 1,645 sehingga H0 ditolak. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa secara umum penerapan strategi pembelajaran
STADmemberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada strategi
pembelajaran ekspositori pada materi bangun ruang Kelas IV SD se-Gugus Bima
kecamatan Kutowinangun tahun pelajaran 2011/2012.