Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Eksperimentasi Pembelajaran Kooperatif TAI (Team Assisted Individualization) pada Sub Materi Bangun Datar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP N 25 Purworejo

Show simple item record

dc.contributor.author Tembriana, Siska
dc.date.accessioned 2018-02-21T07:58:13Z
dc.date.available 2018-02-21T07:58:13Z
dc.date.issued 2012
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3464
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperati tipe TAI (Team Assisted Individualization) menghasilkan prestasi belajar matematika siswa yang lebih baik daripada penerapan model konvensional pada sub materi pokok persegi panjang dan persegi kelas VII semester II SMP N 25 Purworejo. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 25 Purworejo pada tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling dengan memilih dua kelas dari populasi. Penulis memilih sampel secara acak satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 64 responden yang terbagi 32 responden dalam kelompok eksperimen dan 32 siswa dalam kelompok kontrol. Instrumen penelitian ini berupa tes prestasi pada pelajaran matematika sub materi pokok persegi panjang dan persegi dan lembar observasi siswa. Teknik prasyarat analisis variansi yaitu uji normalitas menggunakan metode Lilliefors dan uji homogenitas menggunakan metode Bartlett dengan taraf signifikansi 5%. Dari hasil komputasi diperoleh 􀜮􀯢􀯕􀯦 untuk kelas TAI sebesar 0,0955 sedangkan 􀜮􀯧􀯔􀯕􀯘􀯟 sebesar 0,156. Untuk kelas konvensional diperoleh 􀜮􀯢􀯕􀯦 sebesar 0,0646 sedangkan 􀜮􀯧􀯔􀯕􀯘􀯟 sebesar 0,156. Dari kedua uji normalitas didapat kesimpulan bahwa kedua sampel berdistribusi normal. Untuk uji homogenitas diperoleh sebesar 0,049 sedangkan 􀟯 sebesar 3,841, sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa variansi populasi homogen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis uji t. Dari rerata prestasi belajar siswa dengan model pembelajaran TAI sebesar 72,871 dan standar deviasi sebesar 6,657 dan rerata prestasi belajar siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional sebesar 68,563 dan standar deviasi 11,486 maka didapat hasil pengolahan data dengan sebesar 2,03 edangkan 􀝐􀯧􀯔􀯕􀯘􀯟 esar 1,645. Sehingga 􀝐􀯢􀯕􀯦 􀵐 􀯧􀯔􀯕􀯘􀯟 a 􀝐􀯢􀯕􀯦 􀗐 􀜦 􀜪􀬴 ditolak. Uji hipotesis menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team assisted individualization menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada dengan penerapan model pembelajaran konvensional pada sub materi pokok persegi panjang dan persegi siswa kelas VII SMP Negeri 25 Purworejo Tahun Ajaran 2011/2012. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject model pembelajaran, TAI, prestasi belajar en_US
dc.title Eksperimentasi Pembelajaran Kooperatif TAI (Team Assisted Individualization) pada Sub Materi Bangun Datar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP N 25 Purworejo en_US
dc.type Thesis en_US
๏ปฟ

Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account