Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan PMR Pada Materi Kubus Dan Balok Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012

Show simple item record

dc.contributor.author Susanto, Edy
dc.date.accessioned 2018-02-21T08:01:07Z
dc.date.available 2018-02-21T08:01:07Z
dc.date.issued 2012
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3466
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR)lebih baik daripada pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan pembelajaranKonvensional pada materi kubus dan balok kelas VIII semester 2 SMP Negeri 17 Purworejo tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIIISMP Negeri 17 Purworejo tahun pelajaran 2011/2012 dengan jumlah populasi sebanyak 224 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 63 siswa yang terdiri dari kelompok pembelajaranPMRdan kelompok pembelajaran Konvensional.Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah instrumen tes hasil belajar matematika.Instrumen tes diujicobakan sebelum digunakan untuk pengambilan data.Validitas instrumen tes dilakukan dengan validitas empirik dengan menggunakan rumus angka kasar.Reliabilitas tes diuji dengan rumus KR-20. Terlebih dahulu dilakukan uji keseimbangan sebelum dilakukan tes dengan menggunakan uji t. Uji prasyarat analisis menggunakan uji Lilliefors untuk uji normalitas dan uji bartlett untuk uji homogenitas. Dengan 􀟙= 0,05 diperoleh kedua sampel mempunyai kemampuan awal yang sama, sampel berasal dari populasi berdistribusi normal dan variansinya homogen. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji rata-rata satu pihak yaitu pihak kanan dengan rumus t.Dengan 􀟙= 0,05 menunjukkan thitung = 5,619 > 1,96 = ttabel berarti prestasi belajar siswa pada materi kubus dan balok dengan menggunakan pendekatan pembelajaran PMR lebih baik daripada pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Konvensional. Dari rataan, rerata hasil belajar matematika yang menggunakan pendekatan pembelajaran PMRdiperoleh sebesar 86, sedangkan rerata hasil belajar matematika dengan pendekatan pembelajaranKonvensional diperoleh sebesar 69. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject Pembelajaran, Pendidikan Matematika Realistik, Konvensional en_US
dc.title Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan PMR Pada Materi Kubus Dan Balok Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account