Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa
yang model pembelajaran STAD lebih baik dibanding model pembelajaran
konvensional pada pokok bahasan sudut dan garis pada siswa kelas VII MTs Plus
Nururrohmah tahun pelajaran 2011/2012.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Plus
Nururrohmah yang terdiri dari tiga kelas. Pemilihan sampel dilakukan dengan
teknik Cluster Sampling. Kelas eksperimen yaitu kelas VIII A dan kelas kontrol
yaitu kelas VIII B. Teknik pengumpulan data menggunakan dua metode yaitu
metode dokumentasi dimana data awal yang diambil adalah dari nilai Ujian Akhir
Semester I dan metode tes digunakan untuk memperoleh data mengenai hasil
belajar matematika pada siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen, metode
pengujian data yang digunakan adalah menggunakan uji t.
Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, diketahui bahwa ratarata
kelompok eksperimen = 62,258 dan rata-rata kelompok kontrol = 54,242.
Diperoleh perhitungan = 3,328 dan = 1,670, maka terlihat bahwa
β₯ , hal ini berarti bahwa prestasi belajar menggunakan model
pembelajaran STAD lebih baik dibandingkan menggunakan model pembelajaran
konvensional pada materi sudut dan garis pada siswa kelas VII MTs Plus
Nururrohmah tahun pelajaran 2011/2012.