Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Investigasi Kelompok Terhadap Prestasi Belajar Materi Lingkaran Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Adimulyo Tahun Pelajaran 2011/2012

Show simple item record

dc.contributor.author Cahyadi, Septiyan
dc.date.accessioned 2018-02-21T08:15:40Z
dc.date.available 2018-02-21T08:15:40Z
dc.date.issued 2012
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3476
dc.description.abstract Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah prestasi belajar yang menggunakan model pembelajaran Investigasi Kelompok lebih baik dibandingkan yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada materi Lingkaran kelas VIII siswa SMP Negeri 1 Adimulyo Tahun Pelajaran 2011/2012. Populasi penelelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII yang terdiri dari enam kelas SMP Negeri 1 Adimulyo. Sampel dilakukan dengan Cluster Random Sampling untuk mengambil kelas eksperimen yaitu kelas VIII F dan kelas kontrol yaitu kelas VIII B. Teknik pengumpulan data menggunakan dua metode yaitu metode dokumentasi dimana data awal yang diambil adalah dari nilai MID semester II dan metode tes digunakan untuk memperoleh data mengenai hasil belajar matematika pada siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen. Dari analisis data awal yaitu perhitungan normalitas dari kedua kelompok, yang pertama pada kelompok eksperimen terlihat nilai = 0,1548 dan = 0,1591, terlihat bahwa ≤ , hal ini berarti H0 diterima, jadi sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Perhutingan normalitas yang kedua yaitu pada kelompok kontrol terlihat nilai = 0,1361 dan = 0,1542, terlihat bahwa ≤ , hal ini berarti H0 diterima, jadi sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Sedangkan analisis data awal untuk perhitungan homogenitas terlihat nilai = 0,2549 dan = 3,814 maka terlihat bahwa ≤ , hal ini bertarti H0 diterima, jadi variansi dari populasi tersebut sama. Untuk hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata kelas eksperimen = 62,258 dan rata-rata kelas kontrol = 54,242. Dengan jumlah siswa dalam kelas ekperimen adalah 31 dan jumlah siswa dalam kelas kontrol adalah 33 diperoleh perhitungan = 3,328 dan = 1,670 , maka terlihat bahwa ≥ , hal ini berarti bahwa prestasi belajar yang menggunakan model pembelajaran Investigasi Kelompok lebih baik dibandingkan model pembelajaran konvensional pada materi Lingkaran kelas VIII siswa SMP Negeri 1 Adimulyo Tahun Pelajaran 2011/2012. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject Investigasi Kelompok, Model Pembelajaran, Prestasi Belajar. en_US
dc.title Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Investigasi Kelompok Terhadap Prestasi Belajar Materi Lingkaran Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Adimulyo Tahun Pelajaran 2011/2012 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account