Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Penerapan Metode Penemuan Terbimbing melalui Pemanfaatan LKS pada Materi Segiempat terhadap Prestasi Belajar Matematika ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa Kelas VII MTs Negeri Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012

Show simple item record

dc.contributor.author Mawarni, Try
dc.date.accessioned 2018-02-21T08:19:29Z
dc.date.available 2018-02-21T08:19:29Z
dc.date.issued 2012
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3479
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) apakah penerapan metode penemuan terbimbing melalui pemanfaatan LKS menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik dari pada metode konvensional, (2) apakah prestasi belajar matematika kelompok siswa berkemampuan awal tinggi lebih baik dari pada prestasi belajar kelompok siswa berkemampuan awal yang lebih rendah, dan (3) apakah ada interaksi antara metode pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Negeri Purworejo tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 234 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 65 siswa, diambil dengan teknik pengambilan sampel secara cluster random sampling. Teknik analisis data menggunakan uji analisis varians dua jalan dengan sel tak sama. Hasil pengujian hipotesis dengan taraf signifikansi 5% diperoleh bahwa: (1) (Fobs = 6,936 > F0,05= 4,004) sehingga prestasi belajar matematika siswa yang dikenai metode penemuan terbimbing melalui pemanfaatan LKS (𝑥 = 66,858) lebih baik dari pada prestasi belajar matematika siswa yang dikenai metode konvensional (𝑥 = 57,175), (2) (Fobs= 2,254 > F0,05= 3,154) sehingga masingmasing tingkatan kemampuan awal siswa (tinggi, sedang, dan rendah) memberikan pengaruh yang sama terhadap prestasi belajar matematika dan (3) (Fobs= 2,597 > F0,05= 3,154) sehingga tidak ada interaksi antara metode pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject metode penemuan terbimbing, kemampuan awal, dan prestasi belajar en_US
dc.title Penerapan Metode Penemuan Terbimbing melalui Pemanfaatan LKS pada Materi Segiempat terhadap Prestasi Belajar Matematika ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa Kelas VII MTs Negeri Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account