Abstract:
Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian
ini dilaksanakan dalam dua siklus. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk
mengungkap: 1) Mengetahui pembelajaran menggunakan syndicate group dalam
pembelajaran matematika. 2) Mengetahui peningkatan prestasi belajar matematika
siswa kelas VIII-A SMP Negeri 1 Kutowinangun dengan menggunakan syndicate
group. Subjek penelitian semua siswa kelas VIII-A SMP Negeri I Kutowinangun
berjumlah 40 siswa yang terdiri dari 20 siswa putri dan 20 siswa putra.
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi dan tes.
Hasil penelitian ini dapat menunjukkan peningkatan prestasi belajar
belajar matematika dengan menggunakan syndicate group pada siswa kelas VIIIA
SMP Negeri I Kutowinangun. Kegiatan belajar siswa meningkat dari Siklus I
dengan rerata 64,29% menjadi 87,5% pada Siklus II. Sedangkan rerata hasil
belajar siswa dari 67,25 pada Siklus I menjadi 74,63 pada Siklus II dengan jumlah
siswa yang tidak tuntas pada Siklus I sebanyak 12 siswa dan 6 siswa pada Siklus
II.