Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk untuk meningkatkan prestasi belajar siswa melalui
model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada pokok bahasan kubus dan balok kelas
VIII MTs Ma’arif Pengempon tahun pelajaran 2011/2012.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan
Kelas (PTK). PTK ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus
terdiri perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di
MTs Ma’arif Pengempon Kebumen kelas VIII B tahun pelajaran 2011/2012 yang
berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan 2 metode, yaitu metode
tes dan metode dokumentasi. Metode dokumentasi berpedoman pada lembar
observasi siswa dan guru. Sedangkan metode tes menggunakan nilai ulangan pada
masing-masing siklus. Soal tes yang digunakan berupa soal pilihan ganda berjumlah
30 soal. Perhitungan validitas menggunakan rumus korelasi product moment dengan
angka kasar, sedangkan perhitungan reliabilitas menggunakan rumus KR-20. Data
awal diambil dari nilai ulangan pada pokok bahasan sebelumnya. Setelah data
terkumpul, data dianalisis dengan menggunakan rumus rerata.
Hasil penelitian diperoleh bahwa rerata prestasi belajar siswa pada siklus I
mencapai 57,43 dengan ketuntasan klasikal 38,46%. Sedangkan pada siklus II rerata
prestasi belajar siswa mencapai 69,36 dengan ketuntasan klasikal 69,23%. Hal ini
menunjukan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan. Jadi, model
pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada
pokok bahasan kubus dan balok kelas VIII B MTs Ma’arif Pengempon Kebumen
tahun pelajaran 2011/2012.