Abstract:
Penelitian ini tidak terlepas dari suatu tujuan yang ingin dicapai oleh
peneliti. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi dan motivasi
belajar siswa melalui penggunaan strategi heuristik model Polya kelas VIII
semester 2 SMP Negeri 40 Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B semester 2 SMP Negeri 40
Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 31 siswa. Teknik
pengumpulan data dengan metode observasi, tes, dan angket. Instrumen yang
digunakan berupa lembar aktivitas belajar siswa, soal tes, dan soal angket. Teknik
analisis data adalah deskripsi persentase, uji t, dan metode Scheffe.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata prestasi belajar siswa sebelum
penelitian 64,51 dengan ketuntasan belajar klasikal 51,62%. Pada siklus I rerata
prestasi belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 74,41 dengan ketuntasan
belajar klasikal 74,19%. Pada siklus II rerata prestasi belajar siswa mengalami
peningkatan menjadi 78,25 dengan ketuntasan belajar klasikal 83,87%. Uji t yang
dilakukan memberikan harga thitung lebih dari ttabel, sehingga hipotesis yang
menyatakan bahwa strategi heuristik model Polya dapat meningkatkan prestasi
belajar matematika siswa dapat diterima. Selain itu ada peningkatan persentase
motivasi belajar siswa dari siklus I 72,22% menjadi 79,67% pada siklus II.