Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Eksperimentasi Pembelajaran Metode Problem Solving Pada Materi Segiempat Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII Semester II SMP Sederajat se-kecamatan Pituruh Tahun Pelajaran 2011/2012

Show simple item record

dc.contributor.author Hermanto
dc.date.accessioned 2018-02-21T08:25:14Z
dc.date.available 2018-02-21T08:25:14Z
dc.date.issued 2012
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3486
dc.description.abstract Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika siswa kelas VII dengan metode pembelajaran problem solving lebih baik daripada metode pembelajaran konvensional pada materi segiempat di SMP sederajat se-Kecamatan Pituruh tahun pelajaran 2011/2012. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP se- Kecamatan Pituruh tahun pelajaran 2011/2012 yang terdiri dari tujuh SMP baik swasta maupun negeri. Sampel dalam penelitian berjumlah 73 siswa yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu tes prestasi belajar matematika siswa. Sebelum digunakan untuk pengambilan data, instrumen terlebih dahulu diujicobakan. Validitas instrumen diuji menggunakan teknik korelasi product moment kriterium, reliabilitas instrumen diuji dengan rumus KR-20. Uji prasyarat analisis yang digunakan yaitu uji normalitas menggunakan uji Lilliefors dan uji homogenitas variansi menggunakan uji Bartlett. Dengan α = 0,05 diperoleh sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan variansi sampelnya sama. Uji hipotesis menggunakan uji t dengan α = 0,05 menunjukkan tobs sebesar 3,243 lebih besar dari ttabel sebesar 1,645 sehingga H0 ditolak ini berarti metode pembelajaran problem solving menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik dari pada metode pembelajaran konvensional pada materi segiempat di SMP se-derajat se-kecamatan Pituruh. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject Metode Problem Solving, Segiempat , Metode Konvensional en_US
dc.title Eksperimentasi Pembelajaran Metode Problem Solving Pada Materi Segiempat Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII Semester II SMP Sederajat se-kecamatan Pituruh Tahun Pelajaran 2011/2012 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account