dc.description.abstract |
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Salafiyah Wonoyoso tahun pelajaran
2011/2012 yang terdiri dari 4 kelas. Sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas
VIII C dan kelas VIII B yang diambil secara cluster random sampling. Faktor
yang diteliti berupa prestasi belajar matematika siswa. Pengumpulan data
menggunakan tiga metode, yaitu metode dokumentasi untuk data kemampuan
awal siswa sebelum eksperimen, metode angket untuk data motivasi belajar siswa
dan metode tes untuk data prestasi belajar siswa.
Analisis data menggunakan analisis variansi (anava) dua jalan. Sebagai
tindak lanjut dari analisis variansi dilakukan uji scheffe. Hasil penelitian dengan
menunjukkan bahwa untuk α= 5%: (1) Fobs = 4,971 > Ftabel = 4,016 sehingga H0
ditolak yang berarti terdapat perbedaan pembelajaran model TAI terhadap prestasi
belajar siswa pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar, (2) Fobs = 3,606 >
Ftabel=3,166 sehingga H0 ditolak yang berarti terdapat perbedaan motivasi siswa
terhadap prestasi belajar pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar, (3) Fobs =
0,555 < Ftabel = 3,166 sehingga H0 diterima yang berarti tidak ada interaksi antara
model pembelajaran dan motivasi siswa terhadap hasil belajar matematika. |
en_US |