dc.description.abstract |
Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika
siswa menggunakan model cooperative learning tipe STAD lebih baik dibanding
dengan model pembelajaran konvensional di SMP Negeri 32 Purworejo pada
materi bangun segitiga.
Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 32
Purworejo tahun pelajaran 2011/2012 sebanyak 216 siswa yang terbagi menjadi
enam kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dua kelas yaitu
kelas VII C dan VII E. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random
sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi
yang berupa data nilai matematika pada ujian akhir semester I tahun pelajaran
2011/2012 dan metode tes untuk data prestasi belajar matematika siswa pada
materi bangun segitiga. Instrumen tes diujicobakan sebelum digunakan untuk
pengambilan data. Validitas tes di uji dengan validitas kriterium dengan angka
kasar, diperoleh nilai validitas sebesar 0,61 termasuk dalam kriteria sedang,
sedangkan reliabilitas tes diuji dengan rumus KR-20, diperoleh nilai 0,77
termasuk dalam kriteria tinggi. Dari perhitungan daya pembeda dan tingkat
kesukaran, diperoleh soal yang diterima sebanyak 23 soal.
Uji prasyarat analisis menggunakan uji Lilliefors untuk uji normalitas dan uji
Bartlett untuk uji homogenitas dengan 𝛼𝛼 = 0,05. Dari uji normalitas untuk kelas
eksperimen menunjukkan Lobs = 0,1188 < Ltabel = 0,1457. Berarti dapat
disimpulkan bahwa data dari kelas eksperimen berdistribusi normal. Uji
normalitas untuk kelas kontrol menunjukkan Lobs = 0,0879 < Ltabel = 0,1477.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa data dari kelas kontrol berdistribusi normal.
Hasil pengujian homogenitas data kedua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas
kontrol menunjukkan nilai 𝜒𝜒obs
2 = 2,738 sedangkan nilai χtabel
2 = 3,841 (χobs
2 = 2,738
< χtabel
2 = 3,841) dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kedua sampel
penelitian memiliki variansi yang sama (homogen). Uji hipotesis yang digunakan
adalah uji t dengan α = 0,05 menunjukkan tobs = 2,379 > ttabel =1,645, berarti
prestasi belajar siswa yang menggunakan model cooperative learning tipe STAD
lebih baik dibanding yang menggunakan model pembelajaran konvensional di
SMP N 32 Purworejo pada materi bangun segitiga. |
en_US |