Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan efektivitas pembelajaran
matematika kelas V di SD Negeri Sidomulyo melalui model pembelajaran
kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI); (2) mengetahui respon
siswa SD Negeri Sidomulyo terhadap penggunaan model pembelajaran kooperatif
tipe Team Assisted Individualization (TAI).
Penelitian tindakan kelas pada pokok bahasan sifat-sifat bangun datar dan
bangun ruang ini dilaksanakan dalam dua siklus. Obyek penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas V SD Negeri Sidomulyo yang berjumlah 25 siswa. Data hasil
penelitian diperoleh dari hasil pengamatan selama pembelajaran berlangsung,
angket motivasi belajar siswa, angket aktivitas belajar siswa, dokumentasi serta
hasil tes akhir siklus.
Pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted
Individualization (TAI) dengan indikator efektivitas pembelajaran yang meliputi
proses dan hasil, dapat dilihat dari peningkatan interaksi melalui lembar
pengamatan yaitu dari 86,25% pada siklus 1 menjadi 94,25% pada siklus 2.
Peningkatan motivasi belajar siswa dari 79,3% pada siklus 1 menjadi 79,5% pada
siklus 2. Peningkatan aktivitas belajar siswa dari 80,4% pada siklus 1 menjadi
80,6% pada siklus 2. Serta peningkatan rata-rata hasil tes akhir siklus dari 78,26
pada siklus 1 menjadi 84,36 pada siklus 2. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi
peningkatan efektivitas pembelajaran, selain itu siswa merespon dengan baik
penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization
(TAI).