Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1)meningkatkan motivasi belajar
matematika siswa kelas V SD Negeri Tambaksari 05 dengan gaya belajar VAK
(Visual, Auditori, Kinestetik) tahun pelajaran 2011/2012; (2)meningkatkan hasil
belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Tambaksari 05 dengan gaya belajar
VAK (Visual, Auditori, Kinestetik) tahun pelajaran 2011/2012.
Penelitian tindakan kelas pada pokok bahasan sifat-sifat bangun datar dan
bangun ruang ini dilaksanakan dalam dua siklus. Obyek penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas V SD Negeri Tambaksari yang berjumlah 16 siswa. Data hasil
penelitian diperoleh dari hasil pengamatan selama pembelajaran berlangsung,
angket motivasi belajar siswa, angket aktivitas belajar siswa, dokumentasi serta
hasil tes akhir siklus.
Pelaksanaan pembelajaran dengan gaya belajar VAK (Visual, Auditori,
Kinestetik) dengan indikator motivasi pembelajaran yang meliputi proses dan
hasil, dapat dilihat dari peningkatan interaksi melalui lembar pengamatan yaitu
dari 66,67% pada siklus 1 menjadi 86,67% pada siklus 2. Peningkatan motivasi
belajar siswa dari 71,25% pada siklus 1 menjadi 76,00% pada siklus 2.
Peningkatan aktivitas belajar siswa dari 80,4% pada siklus 1 menjadi 80,6% pada
siklus 2. Serta peningkatan rata-rata hasil tes akhir siklus dari 77,75 pada siklus 1
menjadi 78,80% pada siklus 2. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan
motivasi belajar, selain itu siswa merespon dengan baik penggunaan gaya belajar
VAK (visual, Auditori, Kinestetik).